Padang, 7 Oktober 2025 | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) mencatat pertumbuhan signifikan dalam pelayanan penumpang sepanjang Triwulan III 2025. Dari Januari hingga September 2025, jumlah penumpang yang menggunakan layanan KAI Divre II Sumbar mencapai 1.493.402 orang, meningkat 11,3 persen dibanding periode sama tahun 2024 sebanyak 1.341.526 penumpang.
Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab, menjelaskan, peningkatan volume penumpang ini didorong oleh penambahan frekuensi perjalanan, peningkatan kapasitas tempat duduk, dan tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan.
“Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Kereta api kini menjadi solusi transportasi publik yang efisien, nyaman, dan ramah lingkungan,” ujar Reza.
Stasiun dengan Volume Penumpang Tertinggi
Keberangkatan:
Stasiun Padang – 392.848 penumpang
Stasiun Pariaman – 303.899 penumpang
Stasiun Air Tawar – 139.036 penumpang
Stasiun Naras – 88.553 penumpang
Stasiun BIM – 83.705 penumpang
Kedatangan:
Stasiun Padang – 411.260 penumpang
Stasiun Pariaman – 316.580 penumpang
Stasiun Air Tawar – 121.028 penumpang
Stasiun Naras – 98.952 penumpang
Stasiun BIM – 80.859 penumpang
Ketepatan Waktu (On Time Performance/OTP) Meningkat
KAI Divre II Sumbar juga mencatat ketepatan waktu yang membanggakan. Tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta penumpang Triwulan III 2025 mencapai 99,58%, naik dari 99,34% pada periode sama tahun lalu. Sedangkan ketepatan waktu keberangkatan berada di angka 99,27%.
“Ketepatan waktu menjadi keunggulan utama transportasi kereta api, yang bebas hambatan lalu lintas, didukung perawatan sarana dan prasarana secara menyeluruh,” jelas Reza.
Tips Perjalanan bagi Calon Penumpang
KAI Divre II Sumbar mengimbau calon penumpang untuk merencanakan perjalanan dan membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI sejak H-7 keberangkatan. Selain itu, tiket juga tersedia di loket go-show di stasiun, dibuka 3 jam sebelum keberangkatan selama tiket masih tersedia.
“Kami berkomitmen meningkatkan layanan di seluruh aspek, baik di stasiun maupun di atas kereta. Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu akan selalu menjadi prioritas demi transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Reza.
Salam hormat,
Reza Shahab
Kepala Humas KAI Divre II Sumbar